Analisi Quantitatif menjadi jiwa dari proses pendidikan Program Studi Teknik Pertanian (PSTP). Paparan yang kuat untuk analisis semacam itu diyakini menjadi fondasi penting dari berpikir logis dan analitis, dan pengembangan keterampilan pemecahan masalah. Keyakinan ini telah ada sejak awal berdirinya PSTP dan sangat mempengaruhi desain kurikulum PSTP bersama dengan strategi strategi belajar mengajarnya. Seluruh staf sepenuhnya menyadari dan berkomitmen untuk menyediakan atmosfir belajar mengajar yang berkualitas yang memungkinkan mahasiswa menemukan potensi penuh mereka dalam analisis quantitatif. Student-centered approached telah menjadi inti dari atmosfir ini. Meskipun demikian, teaching approach tidak boleh ditinggalkan, terutama untuk matakuliah dasar. Kombinasi yang tepat antara pendekatan teaching dan learning approach harus dilakukan oleh setiap staff PSTP untuk memastikan efektifitas dalam proses belajar mengajar. Meng-expose mahasiswa pada konsep/pronsip teoritis, percobaan laboratorium dan lapangan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa, dan tugas perorangan dan kelompok akan membuat mahasiswa sangat memahami analisis quantitatif. Pendekatan-pendekatan ini tentunya akan meningkatkan tingkat kesiapan mahasiswa PSTP untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka, baik dalam pendidikan maupun karir selanjutnya. Prinsip ini telah menjadi filosopi pendidikan dari PSTP.