Profil Singkat Program Study

Nama Program     Keteknikan Pertanian
Institusi   Universitas Hasanuddin
Alamat    Depertemen Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Jl. Perintis Kemerdekaan KM 10 Makassar 90245
Email & Website  

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website: tep.agritech.unhas.ac.id

Rincian akreditasi oleh badan hukum atau profesional   Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Terakreditasi A
Gelar   Sarjana pada bidang Keteknikan Pertanian
Persyaratan pendaftaran   Sekolah Menengah Atas dengan bidang IPA 
Persyaratan khusus   Lulus tes masuk nasional atau lokal
Penerimaan mahasiswa tahunan  

2010-2016: 50-55 mahasiswa per tahun;

2017-2018: 75-77 mahasiswa per tahun;

Total mahasiswa   307 maasiswa pada tahun 2018
Mode studi   Full time
Total SKS untuk lulus   144 SKS
Masa studi diharapkan   4 tahun(8 semester)
Masa studi Maximum    7 tahun (14 semester)
Tanggal mulai program dalam tahun akademik   Minggu ketiga Agustus
Pertama kali program ditawarkan   1980
Jumlah lulusan   > 1200
Beasiswa   Berbagai macam beasiswa tersedia untuk siswa dengan prestasi akademik yang baik.
Profil lulusan  
  1. Insinyur (Perencana dan perancang) di bidang produksi pertanian, teknik tanah dan air, mesin pertanian, penanganan pascapanen, dan pengolahan pangan.
  2. Pengusaha di bidang yang terkait dengan produksi pertanian, teknik tanah dan air, mesin pertanian, penanganan pascapanen, dan pengolahan pangan.
  3. Asisten peneliti di bidang yang berkaitan dengan produksi pertanian, teknik tanah dan air, mesin pertanian, penanganan pascapanen, dan pengolahan pangan.
Kompetensi lulusan  

Alumni PSKP Mampu :

[1]      Menerapkan nilai-nilai jiwa maritim dalam profesi Teknik Pertanian.

[2]      Menunjukkan kapasitas untuk belajar sepanjang hayat dalam profesi teknik pertanian.

[3]     Menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan, dan prinsip-prinsip keteknikan dalam bidang pertanian.

[4]     Menggunakan analisis kuantitatif, teknologi informasi, dan berfikir kritis dalam profesi teknik pertanian.

[5]      Menggunakan teknik, keterampilan, dan peralatan moderen yang dibutuhkan dalam praktik teknik pertanian.

[6]      Mengelola dan memanfaatkan sumber daya pertanian secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.

[7]  Kemampuan untuk merancang peralatan, komponen, atau proses sederhana yang dibutuhkan dalam operasi teknik pertanian.

[8]   Menunjukkan kapasitas dalam menjalankan bisnis yang berkaitan dengan teknik pertanian, baik sebagai produsen maupun service provider.

[9]     Menganilsa dampak solusi keteknikan pda lingkungan dan masyarakat menggunakan pendekatan multi disipilin.

[10]  Meng-explore dan mengembangkan solusi efektif yang terkait dengan isu-isu teknik pertanian.

Kesempatan karir  
  • Insinyur (perencana dan desainer) pada perusahaan yang terkait seperti produksi pertanian, pengolahan pertanian mesin-mesin pertanian, industri pasca panen, pabrik gula dan lainnya.
  • Peneliti/asisten peneliti pada lembaga pemerintahan dan sektor swasta.
  • Wirausaha dalam bisnis yang terkait dengan pertanian.
  • Melanjutkan studi tingkat Magister hingga Doktor pada universitas terkemuka baik dalam negeri maupun tingak internasional.
Struktur dan konten program  (kurikulum)   Kurikulum terdiri dari 52 mata kuliah wajib (138 SKS) dan 3 mata kuliah pilihan (6 SKS). 33 mata kuliah merupakan mata kuliah kelompok keteknikan dan matematika. Mata kuliah terbagi ke dalam 8 semester.
Strategi belajar dan mengajar   Startegi belajar dan mengajar yang diterapkan pada setiap mata kuliah didesain berdasarkan pada capaian pembelajaran yang didukung oleh setiap mata kuliah. Termasuk metode ceramah dan diskusi yang dimaksudkan untuk mengenalkan kepada mahasiswa pada konsep/prinsip teoritis, percobaan laboratorium dan lapangan untuk untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa, dan tugas indivisu dan kelompok. Semua strategi tersebut menggunakan pendekatan student-centered
Penilaian Mahasiswa   Penilaian mahasiswa didesain untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh oleh setiap mahasiswa berdasarkaan capaian pembelajaran program studi. Penilaian ini termasuk penilaian mata kuliah yang didesain untuk mengukur penguasaan mahasiswa terhadap topik yang dicakup pada setiap mata kuliah. Penilaian mata kuliah umumnya dilakukan melalui ujian atau quiz di kelas, tugas mandiri maupun tugas kelompok, dan praktikum laboratorium. Sebagai tambahan mahasiswa juga diwajikan untuk mengikuti ujian komprehensif yang merupakan bagian dari ujian skripsi.
Profil tenaga akademik   Tenaga akademik pada Program Studi Keteknikan Pertanian terdiri atas 18 orang di mana 13 diantaranya adalah Doktor (4 diantaranya adalah professor) dan 5 Magister (3 sedang mengikuti pendidikan Doktor). Kepakaran mereka meliputi 4 bidang : Teknologi Pascapanen dan Pengolahan Pangan (7 staf), Teknik Tanah dan Air (6), Mesin-mesin Pertanian (3 staf), dan Instrumentasi dan Kontrol (2 staf). 
Fasilitas Pembelajaran  

Program Studi Keteknikan Pertanian didukung oleh 14 ruang kelas, laboratorium dasar (untuk kimia, fisika, biologi) yang dikelola oleh Fakultas MIPA, Laboratorium Penngolahan Pangan, Laboratorium Teknik Tanah dan Air, Laboratorium Mesin Pertanian, Laboratorium Penginderaan Jauh dan Pengolahan Citra, Laboratorium Instrumentasi dan Kontrol, Bengkel, Teaching Industry, Kebun Percobaan, dan Perpustakaan Pusat Unhas.

Fasilitas Pendukung    Sejumlah fasilitas pendukung tersedia seperti antara lain: fasilitas olahraga (badminton, volli, basket, sepak bola, tennis, kolam renang, stadion olahraga, dan jogging track), bimbingan dan konesling, kantin, tempat parkir, akses internet, sistem informasi akademik, dan kesempatan untuk berorganisasi.
Institusi Acuan   University of California Davies, Iowa State University, The Ohio State University, University of Nebraska, Bogor Agricultural University, and Gajah Mada University.
Update terakhir   Desember 2018

 

Informasi

Gedung Fakultas Pertanian Lantai 4 Kampus Unhas Tamalarea

Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10 Makassar, 90245. Sulawesi Selatan, Indonesia Telp: +62411-586014 email:tep@agri.unhas.ac.id