JUMAT, 7 SEPTEMBER 2018.

Dalam rangka assessment AUN-QA Prodi Teknik Pertanian, Departemen Teknologi Pertanian, Fak. Pertanian yang dijadwalkan pada tahun 2019. Tim Task Force AUN-QA Prodi Teknik Pertanian mengikuti Workshop Penyusunan Self Assessment Report (SAR) ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin. Workshop diadakan pada tanggal 7 hingga 8 September 2018, bertempat di Hotel Swissbel,Jl. Ujung Pandang. Workshop penyusunan SAR kali ini memfokuskan pada kriteria 1, 2, 3, 4, dan 5 dari 11 Kriteria AUN-QA.

Selain Prodi Keteknikan Pertanian, workshop ini juga diikuti oleh 3 Prodi lain, yakni: Program Studi Arkeologi, Peternakan, dan Ilmu Komunikasi. Keempat Tim Task Force dari masing-masing program studi tersebut menyusun SAR untuk 5 Kriteria AUN-QA, yaitu: (1) Expected Learning Outcomes, (2) Program Spesification, (3) Program Structure and Content, (4) Teaching and Learning Approach, dan (5) Student Assessment. Adapun Tim Task Force dari Program Studi Teknik Pertanian Unhas, yaitu: (1) Prof. Dr. Ir. Salengke (Ketua Tim), (2) Dr. Ir. Mahmud Achmad, MP (3) Dr. Ir. Suhardi, MP (4) Diyah Yumeina R. Datu, Ph.D.

Materi workshop dibawakan oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc (Ketua LPMPP), mengenai pengenalan model assessment AUN-QA. dan Dr. Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc (Sekretaris LPMPP) mengenai strategi yang efektif untuk menulis SAR AUN-QA. Hari kedua (8 September 2018), peserta workshop kemudian dibagi menjadi empat kelompok, sesuai tim prodi masing-masing, dengan dibimbing oleh fasilitator, untuk menyusun SAR Kriteria 1 sampai dengan 5 AUN-QA. Tim Task Force Teknik Pertanian difasilitatori oleh Bapak Dr. Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc dan Ibu Dr. Risma Maulani, S.Hut. Di sesi terakhir workshop, masing-masing tim Task Force mempresentasikan profile lulusan dan ELO untuk kemudian diberikan masukan oleh para fasilitator.

Hasil dari workshop ini, Program Studi Teknik Pertanian, Departemen Teknologi Pertanian Unhas berhasil merumuskan Profile Lulusan dan ELO. Demikianlah, tim task force Program Studi Teknik Pertanian juga tim task force Prodi Arkeologi, Peternakan dan Ilmu Komunikasi yang telah mengikuti workshop untuk mempersiapkan diri dalam akreditasi AUN-QA. Semoga Program Studi Teknik Pertanian juga mendapatkan pengakuan standarisasi AUN-QA.

Informasi

Gedung Fakultas Pertanian Lantai 4 Kampus Unhas Tamalarea

Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10 Makassar, 90245. Sulawesi Selatan, Indonesia Telp: +62411-586014 email:tep@agri.unhas.ac.id